Thursday, April 21, 2005

KARTINI's Day

Penganut faham emansipasi wanita di Indonesia pastilah sangat familiar dengan nama ini. RA. Kartini, bangsawan dari Jepara yang melawan tradisi wanita sebagai "konco wingking" dan mendapat pertentangan bahkan dari keluarganya sendiri. Dan sebagai wanita yang hidup di jaman sekarang, aku jelas� amat sangat berterima kasih atas perjuangan beliau ini. Dan berkat perjuangan beliau ini, aku dapat mengenyam pendidikan sampai selesai.

Tadi pas mau berangkat kerja, aku lewat depan SMPN 5. Sedang ada upacara bendera dan peserta upacaranya pakai pakaian adat. Yang pakai itu ternyata bukan hanya para wanita loh, tapi yang pria�pun juga pakai pakaian adat daerah-daerah. Hehehe... sempat geli juga liatnya. Mungkin nanti hari Kartini bisa juga dimergerkan dengan hari Kebudayaan Indonesia.

Cocok kan... Inget� aja sejak jaman kita eS De dulu sampai eS eM U yang sekarang udah berubah lagi jadi eS eM A (tau nih mau dibawa kemana arah pendidikan kita, dibolak-balik terus). Tiap Kartini'an selalu ada perintah untuk mengenakan pakaian daerah Indonesia. Bapak & Ibu guru bilang untuk mengenang jasa RA. Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita. Padahal kalau dipikir�... emansipasi wanita kok pakai pakaian daerah segala. Dan lagi yang pakai pakaian daerah bukan hanya wanita, tapi juga pria. Emang sih bagus, wong kita diingatkan dengan kekayaan bangsa kita kok. Tapi kok rada gak relevan yah. Itulah yang mendasari usulku tadi untuk MERGER antara Hari Kartini dan Hari Kebudayaan Indonesia.

Hmm.. tapi bisa jadi dengan mengenakan pakaian adat daerah akan mebawa kita ke masa lalu. Masa perjuangan para pahlawan (tmsk Kartini tentunya). Dan dengan tidak membedakan laki atau perempuan pakai pakaian adat mungkin dimaksudkan supaya tidak ada perbedaan dan akhirnya kembali ke semangat emansipasi. Uhukkss�... bener po rak kih. Nek salah iso diprotes pakar sejarah aku :� Tapi emang gitu sih yang terlintas di kepalaku.

Huhuhuhuu... malah dowo kih.
Anyway, aku mau masuk setengah hari aja. Tadi dapat bisnya kesiangan jadi sampai KI sudah setengah 9. Lagian di bis tadi aku masih mikir� antara masuk dan nggak. (Hiehiehiehie... dasar cah keset kih) Akhirnya pilihan jatuh ke... AMIKOM.
Lah... adoh banget melenceng'e ya. Tapi ndak juga kok, sejak kemarin aku emang pengen banget nemenin ujian, tapi baru dikasih tau semalam kalau hari ini ada ujian jam 10. Yah... sambil nunggu waktu aku main wae ke wnet. Sekalian baca�, wingi rung tutuk jhe.